Dosen UM Metro Terbitkan Artikel di International Mathematics Teaching-Research Journal, Jurnal Internasional Bereputasi Terindeks Scopus Q3 #SeriesPublikasi UM Metro

Publikasi terbaru yang diterbitkan oleh salah satu Dosen Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Metro (UM Metro), bersama rekan penulis dari Universitas Negeri Malang berhasil menembus Jurnal Internasional Bereputasi terindeks Scopus Q3. Artikel yang ditulis oleh Dr. Nego Linuhung, M.Pd. bersama tim berjudul berjudul Exploring Students’ Proportional Reasoning in Mathematical Literacy Problems: Functional and Scalar Relationship Strategies ditulis oleh 

Artikel ini mengkaji cara siswa dalam menyelesaikan masalah literasi matematika, khususnya terkait dengan pemahaman proporsionalitas. Penelitian ini menunjukkan bahwa tahap perkembangan siswa dalam menggunakan strategi pemecahan masalah yang melibatkan hubungan fungsional dan skalar sangat penting. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, melibatkan 191 siswa SMP yang menyelesaikan masalah matematis yang dirancang untuk mengukur kemampuan mereka dalam berpikir proporsional.

Fokus Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menggambarkan tahapan perkembangan berpikir proporsional siswa. Hasil penelitian menunjukkan dua strategi utama yang digunakan siswa:

  1. Strategi menemukan nilai: Siswa menggunakan keterampilan intuisi untuk menemukan nilai yang hilang.

  2. Strategi perbandingan nilai: Siswa menggunakan perbandingan nilai dalam memecahkan masalah.

Temuan ini memberikan wawasan baru tentang bagaimana siswa mengaplikasikan keterampilan berpikir mereka dalam menghadapi masalah yang melibatkan hubungan fungsional dan skalar. Melalui hasil penelitian ini, Dr. Nego Linuhung dan tim berharap dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan metodologi pengajaran matematika yang lebih efektif, khususnya dalam mengasah keterampilan berpikir proporsional siswa.

Artikel ini diterbitkan di Mathematics Teaching-Research Journal, yang terindeks di Scopus peringkat Q3 dengan SJR 0,301, menambah pencapaian internasional yang membanggakan bagi UM Metro. Ini merupakan bukti nyata komitmen UM Metro dalam mendukung penelitian ilmiah berkualitas dan berkontribusi pada pengembangan pendidikan matematika di tingkat global.

Judul Artikel: Exploring Students’ Proportional Reasoning in Mathematical Literacy Problems: Functional and Scalar Relationship Strategies
Penulis: Nego Linuhung, Purwanto, Sukoriyanto, Sudirman
Nama Jurnal: Mathematics Teaching-Research Journal
Volume: 17, Nomor 2 (2025)
Penerbit: City University of New York
ISSN: 2573-4377
Indexing: Scopus Q3

Link Jurnal: Mathematics Teaching-Research Journal

Dengan publikasi ini, diharapkan penelitian ini dapat mendorong perkembangan lebih lanjut dalam bidang pendidikan matematika dan memberikan inspirasi bagi penelitian-penelitian berikutnya di tingkat internasional.