Dosen UM Metro Terbitkan Artikel di The International Journal of Science, Mathematics and Technology Learning, Jurnal Internasional Bereputasi Terindeks Scopus Q4 #SeriesPublikasi UM Metro
Universitas Muhammadiyah Metro kembali berkontribusi di bidang penelitian melalui publikasi artikel ilmiah di Jurnal Internasional Bereputasi terindeks Scopus Q4. Artikel ini ditulis oleh tim peneliti yang dipimpin oleh Rina Agustina, M.Pd. dari Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, bersama dengan rekan-rekannya, Yeni Rahmawati, M.Pd., Muhammad Irfan, Nurain Suryadiana, dan Ilka Puspita Parwitasari dari beberapa Universitas di Indonesia. Artikel tersebut berjudul "Solving Geometry Problems Using Inquiry Stages: How Are Students’ Spatial Abilities?" yang diterbitkan dalam The International Journal of Science, Mathematics and Technology Learning.
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kemampuan spasial mahasiswa calon guru matematika dalam memecahkan masalah geometri menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tahapan inkuiri dalam pembelajaran geometri tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep geometri, tetapi juga mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis dan analitis mahasiswa. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi penting dalam bidang pendidikan matematika, khususnya dalam pengembangan metode pengajaran yang melibatkan aspek keterampilan spasial.
Artikel ini telah diterbitkan pada tanggal 30 Mei 2025, dan dapat diakses melalui DOI https://doi.org/10.18844/2327-7971/CJPGV3-2022.149-165. Berikut adalah metadata lengkap dari jurnal yang menerbitkan artikel ini:
-
Nama Jurnal: The International Journal of Science, Mathematics and Technology Learning
-
Author: Rina Agustina, Yeni Rahmawati, Muhammad Irfan , Nurain Suryadinata, Ikha Puspita Parwitasari
-
Penerbit: Common Ground Research Networks
-
Kategori Jurnal: Jurnal Internasional Bereputasi Terindeks Scopus Q4
-
ISSN (Print): 2327-7971
-
ISSN (Online): 2327-915X
-
Volume: 32
-
Issue: 2
-
Halaman: 149–165
-
DOI: 10.18844/2327-7971/CJPGV3-2022.149-165
-
Tanggal Publikasi: 30 Mei 2025
-
Tautan Jurnal: https://cgscholar.com/bookstore/works/solving-geometry-problems-using-inquiry-stages
-
Tautan Scopus: https://www.scopus.com/sourceid/21100258629
-
Kutipan: Agustina, R., Rahmawati, Y., Irfan, M., Suryadiana, N., & Parwitasari, I. P. (2025). Solving Geometry Problems Using Inquiry Stages: How Are Students’ Spatial Abilities? The International Journal of Science, Mathematics and Technology Learning, 23(2), 149-165. https://doi.org/10.18844/2327-7971/CJPGV3-2022.149-165
Artikel ini menambah kontribusi Universitas Muhammadiyah Metro dalam menghasilkan penelitian berkualitas yang diakui secara internasional.