Pendampingan Re-akreditasi Jurnal Lentera LPPM UM Metro Tahun 2025
Metro, 22 April 2025 – Universitas Muhammadiyah Metro melalui Unit Publikasi Ilmiah (UPI) LPPM kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong peningkatan mutu jurnal ilmiah dengan menyelenggarakan Pendampingan Akreditasi Jurnal Periode I Tahun 2025 yang dilaksanakan pada hari Senin, 22 April 2025. Kegiatan ini secara khusus ditujukan untuk mendampingi proses reakreditasi Jurnal Lentera Pendidikan, salah satu jurnal yang dikelola oleh Pusat Penelitian LPPM UM Metro.
Kegiatan pendampingan ini bertempat di ruang baca LPPM dan dihadiri oleh pengelola jurnal, tim Unit Publikasi Ilmiah, serta tenaga ahli yang telah berpengalaman dalam proses akreditasi jurnal nasional. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan bimbingan teknis dan evaluasi menyeluruh terhadap kelengkapan administrasi dan substansi Jurnal Lentera Pendidikan agar dapat memenuhi seluruh indikator yang dipersyaratkan oleh sistem ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional).
Dalam kegiatan ini, para peserta melakukan telaah bersama terhadap dokumen akreditasi yang meliputi aspek substansi naskah ilmiah, kualitas penulis dan mitra bestari, keteraturan terbitan, penggunaan Open Journal System (OJS), serta penyusunan metadata yang sesuai standar DOAJ dan SINTA. Diskusi juga difokuskan pada upaya meningkatkan visibilitas jurnal melalui indeksasi nasional dan internasional.
Menurut Ketua LPPM UM Metro, kegiatan ini merupakan bagian dari strategi jangka panjang universitas untuk memperkuat daya saing jurnal ilmiah internal dan mendorong capaian kinerja publikasi yang lebih baik di tingkat nasional. “Kami berharap melalui pendampingan ini, Jurnal Lentera Pendidikan dapat meraih hasil akreditasi yang lebih tinggi dan menjadi jurnal yang kredibel serta terpercaya di bidang pendidikan,” ujarnya.
Sementara itu, Koordinator Unit Publikasi Ilmiah menyampaikan bahwa kegiatan pendampingan akan terus dilakukan secara berkelanjutan terhadap jurnal-jurnal lain di lingkungan UM Metro. “Kami tidak hanya fokus pada peningkatan akreditasi semata, tetapi juga pada penguatan tata kelola dan budaya publikasi ilmiah yang beretika dan profesional,” ungkapnya.
Jurnal Lentera Pendidikan sendiri merupakan jurnal yang memuat artikel-artikel ilmiah hasil penelitian dan kajian di bidang pendidikan, baik pendidikan dasar, menengah, hingga pendidikan tinggi. Jurnal ini telah menjadi wadah penting bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi pendidikan untuk mempublikasikan gagasan dan hasil temuannya secara ilmiah.
Kegiatan pendampingan ini menjadi salah satu langkah nyata UM Metro dalam mendukung visi institusi sebagai pusat unggulan dalam pengembangan ilmu dan teknologi yang islami dan berdaya saing global, dengan mengedepankan kualitas publikasi ilmiah yang terukur dan dapat dipertanggungjawabkan secara akademik.
Metro, 22 April 2025 – Universitas Muhammadiyah Metro melalui Unit Publikasi Ilmiah (UPI) LPPM kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong peningkatan mutu jurnal ilmiah dengan menyelenggarakan Pendampingan Akreditasi Jurnal Periode I Tahun 2025 yang dilaksanakan pada hari Senin, 22 April 2025. Kegiatan ini secara khusus ditujukan untuk mendampingi proses reakreditasi Jurnal Lentera Pendidikan, salah satu jurnal yang dikelola oleh Pusat Penelitian LPPM UM Metro.
Kegiatan pendampingan ini bertempat di ruang baca LPPM dan dihadiri oleh pengelola jurnal, tim Unit Publikasi Ilmiah, serta tenaga ahli yang telah berpengalaman dalam proses akreditasi jurnal nasional. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan bimbingan teknis dan evaluasi menyeluruh terhadap kelengkapan administrasi dan substansi Jurnal Lentera Pendidikan agar dapat memenuhi seluruh indikator yang dipersyaratkan oleh sistem ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional).
Dalam kegiatan ini, para peserta melakukan telaah bersama terhadap dokumen akreditasi yang meliputi aspek substansi naskah ilmiah, kualitas penulis dan mitra bestari, keteraturan terbitan, penggunaan Open Journal System (OJS), serta penyusunan metadata yang sesuai standar DOAJ dan SINTA. Diskusi juga difokuskan pada upaya meningkatkan visibilitas jurnal melalui indeksasi nasional dan internasional.
Menurut Ketua LPPM UM Metro, kegiatan ini merupakan bagian dari strategi jangka panjang universitas untuk memperkuat daya saing jurnal ilmiah internal dan mendorong capaian kinerja publikasi yang lebih baik di tingkat nasional. “Kami berharap melalui pendampingan ini, Jurnal Lentera Pendidikan dapat meraih hasil akreditasi yang lebih tinggi dan menjadi jurnal yang kredibel serta terpercaya di bidang pendidikan,” ujarnya.
Sementara itu, Koordinator Unit Publikasi Ilmiah menyampaikan bahwa kegiatan pendampingan akan terus dilakukan secara berkelanjutan terhadap jurnal-jurnal lain di lingkungan UM Metro. “Kami tidak hanya fokus pada peningkatan akreditasi semata, tetapi juga pada penguatan tata kelola dan budaya publikasi ilmiah yang beretika dan profesional,” ungkapnya.
Jurnal Lentera Pendidikan sendiri merupakan jurnal yang memuat artikel-artikel ilmiah hasil penelitian dan kajian di bidang pendidikan, baik pendidikan dasar, menengah, hingga pendidikan tinggi. Jurnal ini telah menjadi wadah penting bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi pendidikan untuk mempublikasikan gagasan dan hasil temuannya secara ilmiah.
Kegiatan pendampingan ini menjadi salah satu langkah nyata UM Metro dalam mendukung visi institusi sebagai pusat unggulan dalam pengembangan ilmu dan teknologi yang islami dan berdaya saing global, dengan mengedepankan kualitas publikasi ilmiah yang terukur dan dapat dipertanggungjawabkan secara akademik.